ANALISIS SEMIOTIK PADA IKLAN PRODUK MINUMAN YAKULT: MENAFSIRKAN SIMBOL DAN MAKNA DALAM REPRESENTASI VISUAL DAN TEKS

BAB I
PENDAHULUAN 
 
A. Latar Belakang
    Iklan tidak hanya berfungsi sebagai sarana informasi, tetapi juga sebagai alat persuasif yang memanfaatkan pesan kreatif, elemen visual, dan strategi pemasaran untuk menciptakan daya tarik dan membedakan produk atau layanan dari pesaingnya. Hal ini melibatkan pemilihan kata, citra, dan nada yang dapat memicu respons positif, membangkitkan keinginan, dan akhirnya mendorong tindakan pembelian atau keterlibatan konsumen. Pentingnya iklan tidak hanya terletak pada penjualan langsung, tetapi juga dalam membangun merek, menciptakan citra positif, dan membentuk persepsi konsumen terhadap produk atau layanan tertentu. 
Oleh karena itu, iklan merupakan elemen integral dalam strategi pemasaran yang cermat, memerlukan pemahaman mendalam tentang audiens target, tren pasar, dan nilai-nilai merek untuk mencapai hasil yang optimal. Dalam era digital, kemampuan iklan untuk mencapai konsumen tidak hanya terbatas pada saluran tradisional, melainkan melibatkan kehadiran yang kuat dalam ruang daring dan media sosial untuk merespon perubahan dinamis dalam perilaku konsumen dan teknologi. 
Ada berbagai macam iklan yang dapat ditemui dalam praktik pemasaran, salah satu nya adalah iklan komersial. Iklan komersial adalah bentuk komunikasi pemasaran yang bertujuan untuk mempromosikan dan meningkatkan penjualan produk atau layanan tertentu. Dalam konteks bisnis, iklan ini menjadi salah satu instrument kunci dalam upaya memasarkan produk atau layanan sehingga dapat mencapai keberhasilan finansial dan keberlanjutan. Iklan ini dibuat oleh perusahaan atau organisasi dengan niat untuk mencapai tujuan komersial, seperti meningkatkan pendapatan, mencapai pangsa pasar yang lebih besar, atau membangun citra merek. Iklan komersial cenderung menekankan keunggulan produk, harga yang bersaing, atau keunikan layanan guna meyakinkan konsumen untuk melakukan pembelian. 

Seperti halnya produk minuman yakult yang termasuk dalam iklan komersial. Yakult adalah merek minuman probiotik yang pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1935 oleh Dr. Minoru Shirota. Produk ini dikenal karena mengandung bakteri probiotik Lactobacillus casei Shirota yang dianggap bermanfaat bagi kesehatan usus. Bakteri probiotik yang terdapat dalam Yakult diyakini dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan memberikan manfaat lainnya. Produk ini sering dikonsumsi sebagai minuman sehari-hari oleh orang-orang yang peduli akan kesehatan usus mereka.

B. Rumusan Masalah
    Berdasarkan latar belakang maka rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut:
    1. Apa itu minuman Yakult?
    2. Apa pesan-pesan yang terkandung dalam iklan minuman Yakult?

C. Tujuan Penelitian
    1. Mendeskripsikan mengenai pengertian dari minuman Yakult
    2. Mengetahui apa pesan-pesan yang terkandung dalam iklan minuman Yakult



BAB II
LANDASAN TEORI

A. Pengertian Iklan
    Iklan adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran yang dirancang untuk mempromosikan produk, layanan, atau gagasan dengan tujuan menciptakan kesadaran, meningkatkan minat, dan mendorong perilaku konsumen yang diinginkan. Strategi pemasaran juga perlu dilakukan untuk menciptakan daya tarik dan membedakan produk atau layanan dari pesaingnya. Hal ini melibatkan pemilihan kata, citra, dan nada yang dapat memicu respons positif, membangkitkan keinginan, dan akhirnya mendorong tindakan pembelian atau keterlibatan konsumen.
    Beberapa definisi iklan menurut para ahli diantaranya:
Banyak jenis iklan yang masing-masing memiliki karakter tersendiri, sebuah iklan memerlukan ide-ide dan konsep kreatif agar pesan persuasif tersebut dapat diterima khalayak. Dalam produksi iklan, ada perhatian yang obsesif dan ada hasrat untuk membuat setiap detail terlihat benar dan riil. Proses produksi iklan selalu diwarnai dengan tipifikasi dan idealisasi. Menurut Marchand, tidak ada iklan yang ingin menangkap kehidupan seperti apa adanya, tapi selalu ada maksud untuk memotret ideal-ideal sosial, dan merepresentasikan sebagai sesuai yang normatif, seperti kebahagian, kepuasan (Noviani, 2002: 58).
    Iklan adalah salah satu bentuk komunikasi yang terdiri atas informasi dan gagasan tentang suatu produk yang ditunjukan kepada khalayak secara serempak agar memperoleh sambutan baik, iklan berusaha untuk meberikan informasi, membujuk dan meyakinkan (Sudiana, 1986:1).
Iklan adalah komunikasi komersil dan nonpersonal tentang sebuah organisasi dan produk-produknya yang ditransmisikan ke suatu khalayak target melalui media yang bersifat massal, seperti televisi, radio, koran, majalah, direct mail, reklame luar ruang, atau kendaraan umum (Lee & Johson, 2007:3).

B. Pengertian Periklanan
    Periklanan dapat didefinisikan sebagai suatu proses komunikasi yang disusun dan dilaksanakan dengan tujuan untuk menyampaikan pesan-pesan iklan kepada target audiens melalui berbagai media. Pesan ini dapat berupa promosi produk, layanan, atau gagasan yang dibuat oleh pemasang iklan dengan harapan memengaruhi sikap, pengetahuan, atau perilaku konsumen. Periklanan umumnya melibatkan elemen-elemen seperti perencanaan strategis, kreativitas dalam penyusunan pesan, pemilihan media yang tepat, serta evaluasi hasil untuk mengukur efektivitasnya. Melalui periklanan, pemasang iklan berusaha mencapai tujuan pemasaran tertentu, seperti meningkatkan penjualan, menciptakan kesadaran merek, atau membangun citra positif. Periklanan juga mencakup berbagai saluran media, termasuk televisi, radio, cetak, daring, dan media sosial. Dalam era digital, periklanan semakin berkembang dengan adanya teknologi yang memungkinkan personalisasi pesan iklan dan pengukuran yang lebih akurat terhadap kinerja kampanye.
Periklanan komersial merujuk pada bentuk periklanan yang dilakukan oleh perusahaan atau organisasi dengan tujuan untuk mempromosikan dan meningkatkan penjualan produk atau layanan. Secara umum, periklanan komersial dilakukan dengan membayar media untuk menyampaikan pesan iklan kepada target audiens. Pesan dalam periklanan komersial biasanya dirancang untuk menciptakan kesadaran, membangkitkan minat, dan mendorong tindakan pembelian atau keterlibatan konsumen terhadap produk atau layanan yang dipasarkan. Perusahaan menggunakan strategi kreatif, media yang tepat, dan pesan yang persuasif untuk mencapai tujuan pemasaran komersialnya. Tujuan utama dari periklanan komersial adalah mencapai hasil finansial yang positif, seperti meningkatkan pendapatan, pangsa pasar, atau citra merek. Bentuk periklanan ini terlihat dalam berbagai saluran media seperti televisi, radio, cetak, daring, dan media sosial.

C. Teori Semiotika Yang Digunakan
    Roland Barthes tentunya banyak menyerap ilmu sekaligus mendedikasikan pemikirannya dalam ilmu semiotika. Barthes menyebut keilmuan ini dengan nama semiotologi. Sebagai seorang tokoh filsuf kebangsaan Prancis, Barthes tentunya memiliki kajian pemikiran Barat yang kental dengan nuansa kritis Eropa. Sebagai filsuf Eropa sekaligus tokoh dalam bidang semiotic, Barthes mengembangkan pemikiran Saussure tentang semiologi dan mengimplementasikannya dalam konsep budaya. Berikut adalah model semiotika Barthes yang merupakan hasil pengembangan dari model semotika Saussure:


Tabel 2.1 Model Semiotika Barthes

    Tabel di atas menjelaskan tentang perjalanan makna dari sebuah objek yang diamati. Secara mendasar konsep narasi yang diajukan oleh Barthes lebih menekankan terhadap pembentukan sebuah makna. Barthes juga mengawali konsep pemaknaan tanda dengan mengadopsi pemikiran Saussure, namun dia melanjutkannya dengan memasukan konsep denotasi dan konotasi. Denotative sign (tanda denotasi) lebih merupakan pada penglihatan fisik, apa yang nampak, bagaimana bentuknya dan seperti apa aromanya. Denotasi merupakan tataran dasar pemikiran Barthes. Level selanjutnya adalah penanda konotatif dan pertanda konotatif. Tataran ini lebih pada bentuk lanjut sebuah pemaknaan. Dalam tataran konotasi, kita sudah tidak melihat dalam tataran fisik semata, namun sudah lebihi mengarah pada apa maksud dari tanda tersebut yang tentunya dilandasi oleh peran serta dari pemikiran si pembuat tanda. Hingga pada tataran konotasi inilah sebuah  tanda dengan maksud tertentu dapat dikomunikasikan.
    Barthes menjadi tokoh yang begitu indentik dengan kajian semiotik. Pemikiran semiotic Barthes bias dikatakan paling banyak digunakan dalam penelitian. Konsep pemikiran Barthes terhadap semiotic terkenal dengan konsep mythologies atau mitos. “Sebagai penerus dari pemikiran Saussure, Roland Barthes menekankan interaksi antara teks dengan pengalaman personal dan kultural penggunaannya, interaksi antara konvensi dalam teks dengan konvensi yang dialami dan diharapkanoleh penggunanya” (Kriyantono, 2007: 268). Konsep pemikiran Barthes yang operasional ini dikenal dengan Tatanan Pertandaan (Order of Signification). Secara sederhana, kajian semiotic Barthes bias dijabarkan sebagai berikut.
1. Denotasi
  Denotasi merupakan makna sesungguhnya, atau sebuah fenomena yang tampak dengan panca indera, atau bias juga disebut deskripsi dasar. Contohnya adalah lampu lalu lintas. Secara denotasi hanya sebuah lampu yang berwarna merah, kuning, dan hijau; dan berada di jalan raya.
2. Konotasi
    Konotasi merupakan makna-makna kultural yang muncul atau bisa juga disebut makna yang muncul karena adanya kontruksi budaya sehingga ada sebuah pergeseran, tetapi tetap melekat pada symbol atau tanda tersebut. Pada tataran konotasi, lampu lalu lintas memiliki makna yang beragam dan tiap warnanya memiliki arti tersendiri, yaitu warna merah harus berhenti, kuning yaitu hati-hati dan hijau artinya jalan.
    Dua aspek kajian dari Berthes di atas merupakan kajian utama dalam meneliti mengenai semiotic. Barthers juga menyertakan aspek mitos, yaitu ketika aspek konotasi menjadi pemikiran popular di masyarakat, maka mitos telah terbentuk paling operasional sehingga sering digunakan dalam penelitiaq. Berikut adalah konsep pemikiran Barthes dalam bentuk bagan. 


Gambar 2.1 Two Order of Signification Roland Barthes

    Dalam Two Order of Signification, sebuah makna dinarasikan lebih jelas dan lugas. Namun masih membutuhkan pemahaman lebih mendalam, khususnya dalam tataran konotasi. Konsep inilah yang paling sering digunakan dalam melakukan penelitian yang berkaitan dengan semiotic. Pemahaman mengenai narasi menjadi dasar dari dibentuknya makna dalam tataran ini. Sebuah narasi merupakan teks yang telah dikonstruksikan dengan cara tertentu sehingga merepresentasikan rangkaian peristiwa atau tindakan yang dirasa saling berhubungan satu sama lain secara logis atau memiiliki jalinan tersendiri (Danesi,2011). Melalui penjabaran tersebut kita bias melihat bahwa perjalanan makna mulai arti yang mendasar hingga tataran yang terkonstruk olrh sebuah budaya terlihat dengan jelas di konsep Two Order of Signification ini.
    Pemaknaan ini dimulai dengan first order, yaitu makna yang dimaknai dengan harfiah. Misal ada sebuah poster terlambang merpati putih. Dalam first order tersebut hanya dimaknai sebuah lembaran yang bergambar burung merpati berwarna putih. Ketika melewati tataran penanda dan petanda maka berlanjut dalam second order, yaitu makna konotasi, makna yang sudah terlingkupi dengan tataran budaya. Maka poster bergambar merpati putih tersebut biasa diartikan sebagai symbol perdamaian. Sehingga, burung merpati dianggap sebagai mitos yang berarti perdamaian.



BAB III
ANALISA IKLAN DAN PEMBAHASAN

A. Mendefinisikan Objek Iklan Yakult


    Sebagai minuman kesehatan, Yakult memiliki sejumlah khasiat atau manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Mengonsumsi satu botol sehari sudah cukup untuk menikmati manfaat dari Yakult. Minum dua botol Yakult dalam satu hari juga masih dianjurkan. Yakult mengandung bakteri Lactobacillus casei Shirota Strain, yang yang biasanya juga hidup secara alamai dalam usus manusia. Lactobacillus casei digunakan untuk membantu mencegah dan mengobati gangguan percernaan seperti diare, sembelit, sindrom iritasi usus (IBS), peradangan usus (IBD), dan gangguan pencernaan yang disebabkan infeksi bakteri Helicobacter pylori.
    Ada lebih dari 6,5 miliar Lactobacillus casei dalam yakult dalam setiap botolnya. Dengan demikian, yakult bisa membantu meningkatkan jumlah bakteri baik dalam saluran pencernaan sehingga menyulitkan bakteri jahat untuk berkembang biak dan menyebabkan infeksi
    Dalam iklan Yakult diperlihatkan sebuah keluarga yang bahagia dengan memperlihatkan contoh kepada yang melihat iklan tersebut agar tetap menjaga kesehatannya. Konsep visual yang di ambil dengan menunjukkan semua keluarga yang sedang meminum yakult membuktikan bahwa yakult cocok dan aman untuk diminum berbagai kalangan usia mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua untuk menjaga kesehatan usus.

B. Analisis Teks dalam Iklan Yakult











Kiasan: Cintai Ususmu Minum Yakult Setiap Hari
Bukan Kiasan: Yakult
Arti Sebenarnya: Produk minuman yakult memiliki ajakan untuk menjaga kesehatan bagian dalam tubuh terutama pada usus.

Makna kiasan:
    Makna kiasan dalam iklan Yakult dapat merujuk pada penggunaan bahasa metaforis atau simbolis untuk menyampaikan pesan kepada konsumen. Seperti yang terdapat pada tagline yakult yaitu “Cintai usumu minum yakult setiap hari” Kiasan tersebut digunakan untuk menggambarkan Yakult sebagai "pelindung" yang bekerja untuk menjaga kesehatan usus. Ini dapat memberikan gambaran yang kuat tentang peran yakult dalam mendukung sistem kekebalan tubuh.

Makna bukan kiasan:
    Pada gambar diatas terdapat 1 kalimat yaitu “Yakult” berdasarkan tulisan tersebut terdapat arti bahwa iklan tersebut di produksi oleh perusahaan PT. Yakult Indonesia Persada. 


C. Mengelompokkan Teks dan Iklan


Sumber: Youtube

    Dalam scane 1 terdapat sepasang suami istri sedang memegang botol yakult, meminum yakult. Seorang istri yang memakai dres berwarna pink, sedangkan seorang suami memakai kemeja berwarna biru. 


Sumber: Youtube

    Dalam scane 2 terlihat sepasang manula dan seorang gadis sedang berolahraga di taman sambil menggerakkan kedua tangannya. Seorang nenek mengenakan baju berwarna kuning, seorang kakek mengenakan baju berwarna biru, dan seorang gadis mengenakan baju merah. Sembari berkata “jadikan hidupmu hidup yang lebih sehat” lantas kemudian seorang gadis yang berada di belakang sepasang manula tampak memakai seragam yakult, yang artinya seorang gadis itu bahwa minum yakult setiap hari dapat menjadikan hidupmu hidup yang lebih sehat



Sumber: Youtube

    Dalam scane 3 terdapat dua frame dimana sang model ibu hamil mengenakan dress putih dengan cardigan bunga-bunga, dan anak laki-laki memakai kemeja biru. Sambil menari di pinggir pantai dan menggerakan kedua tangannya. Kemudian setelahnya tampak gambar bakteri berwarna biru dan hitam lalu berkata “bakteri baik L Casei Shirota Strain”



Sumber: Youtube

    Dalam scane 4 adalah sang model terlihat berada dalam sebuah kantor, kemudian menari menggerakkan kedua tangan ke atas kepala yang arti dari gerakkan itu adalah “menekan bakteri jahat”. Terlihat gambar usus yang berwarna pink dan bentuk love berwarna merah yang ada pada usus. 


Sumber: Youtube

    Dalam scane 5 terlihat gambar usus berwarna pink terdapat tulisan di atasnya “Lebih dari 100 penyakit” berwarna merah.

    Adapun beberapa makna yang terdapat di makna denotasi dengan makna konotasi:

Makna denotasi:
  • Pada scane 1 sepasang suami istri yang istrinya mengenakan dress berwarna pink dan suaminya memakai kemeja berwarna biru sedang memegang sebotol yakult dan meminum yakult secara bersamaan.
  • Pada scane 2 terdapat sepasang manula dan seorang gadis sedang menari menggerakkan kedua tangan ke atas. Seorang kakek yang mengenakan baju biru, seorang nenek mengenakan baju merah dan seorang gadis mengenakan baju merah dengan ekspresi senang.
  • Pada scane 3 terlihat seorang ibu hamil dan anak lelakinya sedang menari gembira di pantai karena didalam yakult terdapat bakteri baik yaitu L. Casei Shirota Strain.
  • Pada scane 4 sang model terlihat gembira sambil menggerakan kedua tangan di atas kepala yang arti dari gerakan tersebut “menekan bakteri jahat”. Terlihat usus yang berwarna pink dan bentuk love warna merah.
  • Pada scane 5 terlihat usus yang berwarna pink belum tentu sehat, karena banyak penyakit yang berasal dari usus.
Makna konotasi:
  • Pada scane 1 cintai ususmu minum yakult setiap hari merupakan ajakan untuk hidup sehat, sehingga usus selalu sehat terhindar dari bakteri jahat.
  • Pada scane 2 jadikan hidupmu hidup yang lebih sehat merupakan keinginan setiap orang.
  • Pada scane 3 bakteri baik L. Casei Shirota Strain mampu menekan bakteri jahat, yang terlihat pada gambar kedua, dimana bakteri berwarna biru (baik) mampu menekan bakteri berwarna hitam (jahat).
  • Pada scane 4 kebahagiaan yang paling menyenangkan dari setiap orang memiliki usus yang sehat terhindar dari bakteri jahat.
  • Pada scane 5 kesehatan harus dijaga terutama pada kesehatan usus agar terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menyerang usus.

Ikon, Indeks dan Simbol dalam iklan Yakult
  • Ikon
     Ikon adalah tanda yang tampak memiliki kemiripan antara objek asli dari apa yang dilihat, jika dihubungkan dengan pengamatan ikon yang terdapat dalam sebuah iklan, maka ikon itu suatu objek baik itu berupa benda maupun manusia yang menjadi titik pusat dalam upaya menonjolkan suatu produk yang diiklankan , sehingga dalam setiap iklan yang dipertontonkan pasti memiliki ikon didalamnya yang digunakan sebagai taktik pemasaran suatu produk yang menjadi daya pusat dalam mengedepankan suatu objek yang diiklanka, dengan demikian para konsumen akan tertarik pasa produk yang diiklankan.
Berikut ini penjelasan mengenai ikon pada iklan yakult:
Pemeran yang ada pada iklan Yakult merupakan seorang model yang berasal dari negara Indonesia. Model tersebut terpilih menjadi Brand Ambassador produk minuman Yakult.
  • Indeks
    Indeks adalah suatu menunjukan adanya kedekatan antara tanda dan objek atau terjadinya suatu hubungan sebab akibat. Jika dihubungkan dengan pengamatan indeks yang terdapat dalam sebuah iklan, maka indeks itu dapat berupa kata-kata yang terdapat dalam sebuah iklan baik itu kata yang dilisankan maupun dituliskan. Sehingga dalam setiap iklan yang dipertontonkan pasti memiliki indeks didalamnya yang diwujudkan dalam penggunaan kata yang bersifat menarik ataupun meyakinkan masyrakat. Oleh sebab itu pengguna kata dalam iklan mewujudkan suatu indeks atau hubungan sebab akibat antara produk yang diiklankan dengan para calon konsumen akan terpincut pada produk yang diiklankan.
Berikut ini penjelasan mengenai indeks pada iklan Yakult:
Pemeran pada iklan tersebut terlihat sedang mengkonsumsi Yakult dalam kemasan instan sebagai indeks atau bukti nyata bahwa produk tersebut dapat dikonsumsi dengan mudah dan praktis.
  • Simbol
Simbol adalah adalah tanda-tanda yang perwakilannya merujuk pada 
suatu objek tertentu. Dengan kata lain, simbol merupakan bentuk yang diterima oleh ketentuan yang disepakati secara umum atau bersama. Jika dihubungkan dengan pengamatan simbol yang terdapat dalam sebuah iklan, maka simbol itu dapat berupa objek yang memiliki makna pada tanda objek yang dimunculkan dalam sebuah iklan, misalnya penggunaan warna pada iklan pasti memiliki makna simbol yang terikat dengan produk yang dipasarkan, selain itu simbol yang terdapat dalam iklan juga dapat berupa tanda yang bersimbolkan keaslian suatu produk. Pada dasarnya dalam setiap iklan yang dipertontokan pasti memiliki simbol didalamnya yang digunakan sebagai taktik pemasaran dalam memperkenalkan suatu produk, maka dari itu simbol yang terdapat dalam iklan menjadikan suatu ciri khas tersendiri dari produk yang diiklankan, sehingga para calon konsumen akan terpikat dan percaya pada produk yang dipasarkan melalui
media iklan.
Berikut ini penjelasan mengenai simbol pada iklan Yakult:


Simbol atau ikon dalam iklan Yakult dapat mencakup beberapa elemen visual yang digunakan untuk menyampaikan pesan tertentu atau membangun citra merek. Beberapa simbol yang umumnya terkait dengan iklan Yakult melibatkan:

  • Logo Yakult
Logo merek, yang mungkin mencakup tulisan "Yakult" dengan desain khasnya, berfungsi sebagai simbol utama yang langsung terkait dengan merek tersebut.
  • Botol dan Tutup Segel:
Desain botol kecil dan tutup segel menciptakan identifikasi visual yang kuat dengan produk Yakult.
  • Warna Tertentu:
Penggunaan warna tertentu, seperti warna merah dan putih yang umumnya terdapat dalam merek Yakult, bisa berfungsi sebagai simbol identitas merek.

Semua simbol ini bertujuan untuk menciptakan identitas merek yang kuat dan menyampaikan pesan-pesan khusus terkait merek dan manfaat kesehatannya kepada konsumen. Penggunaan simbol-simbol ini membantu membangun citra merek yang mudah diingat dan dikenali.

D. Generalisasi Umum
    Uniknya, hampir semua iklan Yakult ini berisi promosi produknya dan juga sekaligus berisi iklan layanan masyarakat. Iklan promosi Yakult tujuannya ialah agar masyarakat mau membeli dan berlangganan setiap harinya, sedangkan iklan layanan masyarakatnya ialah himbauan agar masyarakat selalu menjaga kesehatan usus dan sistem pencernaannya. Dalam merinci iklan Yakult, fokus pada ikon, indeks, dan simbol untuk membentuk narasi visual yang memikat. Ikon melalui seorang Brand Ambassador dengan menyiratkakn kualitas dam identitas merek yang kuat. Para pemeran yang sedang meminum yakult sebagi indeks memberikan pandangan langsung pada produk. Simbol pada gilirannya dapat merangkum pesan dan elemen visual yang terdapat pada packaging minuman Yakult. Rancangan iklan ini dapat merangsang daya tarik emosional konsumen serta memancing rasa ingintahu. Pemilihan warna dan pencahayaan dalam iklan juga dapat memainkan peran penting terhadap penyampaian pesan ini. Dengan demikian melalui penggabungan ikon, indeks, dan simbol pada iklan Yakult dapat menciptakan narasi yang menyentuh secara visual dan emosional, mengunggah perasaan positif terhadap merek dan mendorong calon konsumen untuk meminum Yakult.
    Dalam iklan Yakult terdapat tagline "Cintai Ususmu Minum Yakult Setiap Hari". Tagline yang sangat familyar ini dapat mengubah persepsi pandangan bahwa minuman Yakult cocok untuk dikonsumsi oleh segala usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa untuk membantu menjaga keseimbangan mikroorganisme baik di dalam usus. Tagline ini juga membantu menarik perhatian kepada product itu sendiri yang paling khas yakni dikenal sebagai minuman yang mengandung probiotik, khususnya strain bakteri Lactobacillus casei Shirota. 
    Iklan menyajikan sesuatu yang membangun citra baik sehingga memotivasi khalayak ramai untuk semangat menjaga kesehatan usus dan sistem pencernaan yang dibantu oleh Yakult agar kesehatan tubuh berjalan secara baik dan maksimal. Dengan bahasa yang sederhana dan tagline yang kuat, iklan ini berhasil membangun citra positif tentang produk minuman Yakult sebagai pilihan unggul yang menawarkan minuman kesehatan.



BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
    Analisis semiotik pada iklan produk minuman Yakult dapat memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana simbol dan makna disusun dalam representasi visual dan teks untuk mempengaruhi persepsi dan respons audiens. Dalam Analisis iklan “Yakult” di Indonesia, terungkap bahwa elemen-elemen semiotika seperti warna, gambar dan bahasa digunakan dengan cermat untuk menyampaikan pesan kepada konsumen. Penggunaan kiasan dan bukan kiasan dalam teks dan citra berhasil membuat iklan dari Yakult ini lebih dikenal oleh masyarakat luas karena tagline yang familyar yakni “Cintai Ususmu Minum Yakult Setiap Hari”.
    Iklan Yakult secara efektif memanfaatkan elemen-elemen semiotik, seperti simbol visual dan teks, untuk membentuk citra produk yang terkait dengan kesehatan dan kesejahteraan. Fokus pada kesehatan usus, simbolisasi botol Yakult, warna biru dan putih yang mendominasi, serta pesan emosional positif dan testimoni, semuanya bekerja sama untuk menciptakan kesan produk yang sehat, terpercaya, dan cocok untuk segala usia. Dengan slogan yang kuat dan representasi inklusif, iklan Yakult berhasil menyampaikan pesan kesehatan dengan daya tarik universal, menciptakan koneksi emosional dengan audiens.

B. Saran
    Iklan Yakult di Televisi dapat menanamkan sikap positif bagi konsumen, jadi penulis berharap Yakult dapat mempertahankan prestasi tersebut agar masyarakat bisa loyal terhadap produk minuman Yakult. Penullis juga berharap produk minuman Yakult dapat mengeluarkan iklan-iklan yang lebih kreatif lagi. Iklan dengan pesan moral yang seperti ini sangat besar kemungkinannya mendapat respon positif dari masyarakat jadi diharapkan untuk iklan Yakult selanjutnya dapat menyisipkan pesan yang lebih informatif lagi sehingga iklan tidak hanya untuk menarik pembeli tapi juga dapat memberikan sesuatu yang berguna dan menghibur.




















































Komentar

  1. Wahh desainnya rapih dan bahasanya mudah dimengerti, memudahkan pembaca untuk memahami isinya😊

    BalasHapus
  2. Desainnya rapih dan mudah di mengerti

    BalasHapus
  3. Baguss bangett,penjelasannya juga dapat dipahami

    BalasHapus
  4. Semangat pujii,sehat selalu 👋

    BalasHapus
  5. wahh kerenn bngett 👏👏baguss nihh buatt nambahh wawasann kitaaa

    BalasHapus
  6. Akhirnyaaa Yakult turun juga ke blog, kewrennn banget informasinya, mang bowleh sekewren ini?🫶🏻

    BalasHapus
  7. wawww sangat informatif sekali, berguna bagi para pembaca

    BalasHapus
  8. Sangat luar biasa dan rapi👍

    BalasHapus
  9. Artikel yang sangat membantuu sekalii

    BalasHapus
  10. kerenn!! penjelasan yang begini yang aku cari, mudah di mengerti oleh pembaca

    BalasHapus
  11. artikel yang sangat bagus untuk menambah wawasan kita, good job pujiiii

    BalasHapus
  12. Keren banget susunannya dan banyak bagian bagian yang mudah di pahamin!!

    BalasHapus
  13. sangat bermanfaat dan mudah dimengerti

    BalasHapus
  14. gampang banget buat di mengerti.. terimakasih

    BalasHapus
  15. Wahhh bagus banget, Terimakasih ilmunya

    BalasHapus
  16. Pembahasan mudah dipahami dan juga sangat bermanfaat👍

    BalasHapus
  17. Pembahasan mudah dipahami dan juga sangat bermanfaat sekali👍

    BalasHapus
  18. Bagus sekali mudah di pahami juga

    BalasHapus
  19. masyaAllah ilmu baruu, kerennn sekaliiii

    BalasHapus
  20. MasyaAllah ilmu baruu, kerenn sekali lovee

    BalasHapus
  21. Bagus sekali, materi nya juga mudah di pahami dan sangat bermanfaat

    BalasHapus
  22. Setelah membaca postingan ini sy yg tadinya tdk faham tentang kesehatan usus skrng
    jadi faham dngn jelas

    BalasHapus
  23. Akan berusaha menjaga kesehatan tubuh, salah satunya bagian usus

    BalasHapus
  24. Jagalah kesehatan usus kita

    BalasHapus
  25. Setelah saya tau yakult untuk kesehatan usus, saya akan terus minum yakult untuk menjaga kesehatan usus

    BalasHapus
  26. Nikmat mana lg yg kau dustakan..... cintai ususmu sebagai bukti kau mencintai Tuhanmu

    BalasHapus
  27. 👍👍👍🙏🏻🙏🏻🙏🏻

    BalasHapus
  28. menarik dan penuh kreativitas dengan ide-ide yang sangat bagus sekali, mudah dimengerti 👍✨

    BalasHapus
  29. Yakult memang bagus untuk kesehatan usus manusia

    BalasHapus
  30. Wow bagus sekali 👏👏👏

    BalasHapus
  31. Yakult memang bagus untuk kesehatan usus 👍👍

    BalasHapus
  32. Minum yakult setiap hari untuk menjaga kesehatan usus

    BalasHapus
  33. wahhhh kerenn bangett materinya, bisa dapet ilmu baruu

    BalasHapus
  34. Bagus sekali, makasih atas ilmunya

    BalasHapus
  35. kerennn ty pujiii, hamasah yaaww:)

    BalasHapus
  36. Akmal Cahyo Nugroho8 Januari 2024 pukul 08.23

    bagus, materi yg diterangkan sangat jelas dan mudah di pahami

    BalasHapus
  37. materinya sangat mudah untuk di cerna
    semangat kak puji

    BalasHapus
  38. baguss bngettttt ka pujiiii

    BalasHapus
  39. Materinya mudah di pahami, tidak terlalu bertele², gampang masuk ke otak

    BalasHapus
  40. artikel nya sgt baguss!

    BalasHapus
  41. bagus sekali blognya sangat bermanfaat😍😍

    BalasHapus
  42. Keren bgt blognya♡

    BalasHapus
  43. Artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  44. Waah, informatif sekali kak. Terima kasihhh!

    BalasHapus
  45. terimakasih untuk blog yang bermanfaat ! ♡

    BalasHapus
  46. Sangat bermanfaat 😍 Semangat ya !!

    BalasHapus
  47. Sangat bermanfaat dan mudah dimengerti, keren puji 💖

    BalasHapus
  48. keren bngt kaaa, sangatt bermanfaat🫶🏻

    BalasHapus
  49. keren bngt kaaa, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  50. Kerenn banget kak, sangat informatif

    BalasHapus
  51. sangat bermanfaat

    BalasHapus
  52. watashi no gurimoa ni kyomigarimasu ka, watashi no grimoire wA sokoni nara, asokodayo ☝

    BalasHapus
  53. Keren bangett kaa👍

    BalasHapus
  54. Keren bangeeeeeett kakak👏

    BalasHapus
  55. kerennnnnn, semangat ya kak! 🫂💌

    BalasHapus
  56. Manteepp, kereenn banget, sangat informatif sekali 👍

    BalasHapus
  57. informasi mudah dimengerti, makasihh yaaa😍

    BalasHapus
  58. Makasih atas informasinya, sangat membantu, mudah dipahami.

    BalasHapus
  59. makasih atas ilmu nya

    BalasHapus
  60. Keren banget kakak🤗

    BalasHapus
  61. sangat jelas dan mudah untuk dipahami

    BalasHapus
  62. jelas dan rapih👍🏻👍🏻

    BalasHapus
  63. 👍👍🙏🏻🙏🏻

    BalasHapus
  64. Ciptaan Tuhan yg hrs di jaga

    BalasHapus
  65. Yakult memang bgs untuk kesehatan usus

    BalasHapus
  66. Yakult memang bagus untuk keluarga 👍

    BalasHapus
  67. Postingan yg bagus 👍🙏🏻

    BalasHapus
  68. Terlalu panjang bacanya tp bs dimengerti

    BalasHapus
  69. Meskipun panjang penjelasan nya tapi bisa di mengerti

    BalasHapus
  70. Dipersingkat sj tulisanya spya cpt dimengerti

    BalasHapus
  71. Bikin kesimpulan yg jelas biar lebih mudah dimengerti

    BalasHapus
  72. Cintai ususmu setiap hari

    BalasHapus
  73. keren banget,mudah di pahamii..

    BalasHapus
  74. menarikkk!!! makasi loh udah ngebahas ini 😢💘

    BalasHapus
  75. Walaupun ga aku baca, tatap keren

    BalasHapus
  76. sangat bermanfaat kak puji

    BalasHapus
  77. WAW LENGKAP DAN TERUPDATE BANGET, SANGAT BERMANFAAT NI BUAT genZ🥰

    BalasHapus
  78. Maa Syaa Allah❤
    Semoga dapat bermanfaat untuk orang banyak آمين

    BalasHapus
  79. mudah dipahamii, makasii pujii telah berbagi ilmu🫶🏻🫶🏻

    BalasHapus
  80. keren bgtt, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  81. Masya allahh🤍🙌🏻

    BalasHapus
  82. Semangat terus ya kk keren

    BalasHapus
  83. Wahhh sangat bermanfaat terimakasih

    BalasHapus
  84. Bagus teh tapi bagian kesimpulan sama saran ga rata kiri kanan..

    BalasHapus
  85. Sing kenging nilai nu sae nya teh

    BalasHapus
  86. Typujii keren banget!! Semangat terus yaa..

    BalasHapus
  87. Pujii hayuu kitaa ketemuu

    BalasHapus
  88. Mang boleh sebagus inii??

    BalasHapus
  89. Gini yaa tugas anak kuliahan..

    BalasHapus
  90. Ditunggu blog selanjutnya biar bisa komen lagii

    BalasHapus
  91. Pujii apa kabarr semangat terus yaa jangan loyoo

    BalasHapus
  92. bagus dan sangat bermanfaat

    BalasHapus
  93. desainnya rapi dan mudah di mengerti

    BalasHapus
  94. keren banget materinya

    BalasHapus
  95. materinya sangat bermanfaat dan mudah dimengerti 😻

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sesat Logika: Kesalahan Penalaran dalam Kehidupan Sehari-hari

Mengembangkan Minat Literatur review